Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat anak usia dini (PAUD) dan sekolah dasar (SD), Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawas TK dan SD. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (14/11) di ruang pertemuan Widyaloka Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan. Rakor yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, Ir. Munif Syarif, MM., ini dihadiri oleh seluruh pengawas TK dan SD se-Kabupaten Lamongan. Turut hadir pula Kepala Bidang SD, Ibu Imamaturro'iin, S.Pd., M.Pd., beserta KKPS Kabupaten Lamongan.
Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan menekankan pentingnya peran pengawas dalam memastikan terlaksananya proses pembelajaran yang berkualitas di setiap sekolah. “Pengawas adalah ujung tombak dalam peningkatan mutu pendidikan. Melalui rakor ini, diharapkan dapat terjalin sinergi yang kuat antara Dinas Pendidikan dengan para pengawas,” ujar Ir. Munif Syarif.
Sinergikan Program dan Identifikasi Tantangan
Salah satu fokus utama dalam rakor ini adalah penyamaan persepsi terkait program kerja dan rencana pengawasan. Para pengawas membahas berbagai isu terkini dalam dunia pendidikan, seperti implementasi Kurikulum Merdeka, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, serta upaya meningkatkan literasi dan numerasi siswa.
Selain itu, para peserta rakor juga berdiskusi mengenai berbagai tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas pengawasan di lapangan. Mulai dari kendala administratif, keterbatasan sarana dan prasarana sekolah, hingga kurangnya dukungan dari masyarakat.
Tingkatkan Efektivitas Pengawasan
Dengan adanya rakor ini, diharapkan para pengawas dapat bekerja lebih efektif dalam menjalankan tugasnya. Beberapa langkah konkret yang akan dilakukan antara lain:
Melalui rakor ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan optimis bahwa kualitas pendidikan di tingkat PAUD dan SD akan semakin meningkat. Dengan pengawasan yang lebih efektif, diharapkan siswa-siswi di Kabupaten Lamongan dapat tumbuh menjadi generasi yang cerdas, berkarakter, dan mampu bersaing di era global.