TENTANG KAMI

Pemberlakuan Undang Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang pemerintahan daerah menyebabkan Undang Undang Nomor 5 Tahun 1974 tentang pokok pokok pemerintahan daerah menjadi tidak berlaku. Otonomi daerah adalah kewenangan daerah otonom untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasar aspirasi masyarakat sesuai dengan peraturan Undang Undang Nomor 22 Tahun 1999 Pasal 7, dan di perbarui lagi dengan Undang-undang No. 23 tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah.

Regulasi tersebut tentu mengubah sistem pemerintahan terdiri dari pemerintah (pusat), pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/kota yang bersifat otonom. Di Kabupaten Lamongan, tugas dan fungsi Kantor Departemen Pendidikan Nasional bertambah sebagai pengelola dan pembina pendidikan jenjang TK, SD, SMP, SMA, dan SMK. Pengelolaan pendidikan sejak regulasi tersebut diterapkan secara penuh diserahkan dari Pemerintah Pusat (Departemen Pendidikan Nasional) kepada Pemerintah Kabupaten Lamongan.

Sebelum otonomi daerah dilaksanakan, penyelenggaraan pendidikan di Kabupaten Lamongan, seperti juga di daerah lain, hampir semuanya dikelola oleh Pemerintah Pusat melalui Kantor Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan yang berdiri melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 1983. Saat itu, Kantor Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan berada di belakang terminal.

Sedangkan untuk pengelolaan pendidikan yang bersifat terbatas dikelola oleh Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan yang terletak di Jalan Lamongrejo. Pada tahun 2001 Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dinas P dan K) dimerger menjadi nomenklatur Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan. Awalanya Dinas Pendidikan Lamongan hasil merger berkantor di belakang terminal Lamongan, namun sejak tahun 2007, Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan pindah ke Jalan K.H. A. Dahlan 75 hingga sekarang.

Berikut ini adalah nama-nama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan sejak tahun 2001 ketika Lamongan menjadi daerah otonom sejak Undang-undang tentang otonomi daerah itu diterapkan, yaitu Drs. Wahab Abdinegoro sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan tahun 2001 hingga 2003 dilanjutkan oleh Mustofa Nur, M.M. (2004 – 2011), Drs. Agus Suyanto, M.M (2012 – 2013), Drs. Bambang Kustiono, M.M. (2014 – 2016), Drs. Adi Suwito, M.Pd. (2017 – 2020), dan mulai 2021 hingga sekarang Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan adalah Ir. Munif Syarif, M.M.