GUBERNUR JAWA TIMUR MEWISUDA 3964 PESERTA TAHFIDZ DI LAMONGAN

Pencapaian wisuda tahfidz sebanyak 3.964 peserta menjadi momen bersejarah yang menunjukkan keberhasilan implementasi program inovasi “Gerakan Lamongan Menghafal”. Pada acara tersebut, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, memberikan apresiasi tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Lamongan dan Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, sebagai penggagas dan pelaksana program tersebut.

Gubernur Khofifah menegaskan pentingnya program ini sebagai referensi bagi daerah lain, berharap bahwa apa yang telah dihafalkan oleh peserta wisuda akan menjadi amalan yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari dan dalam bidang keilmuan. Ia juga memberikan dorongan kepada para tahfidz untuk terus semangat dalam menjaga dan menambah hafalan Al-Qur’an, mengingat adanya peluang pendidikan tanpa tes dan gratis di berbagai perguruan tinggi dan akademi di Indonesia.

Selain itu, Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi (Pak Yes), menyampaikan bahwa wisuda tahfidz adalah bukti keberhasilan dari program “Gerakan Lamongan Menghafal”. Program ini berhasil meningkatkan minat baca Al-Qur’an dan mengakarannya dalam masyarakat, menciptakan harmonisasi dan kesalehan sosial.

Pak Yes juga menyoroti peningkatan indeks kesalehan di Kabupaten Lamongan, yang mencapai angka 89,19 pada tahun 2023, naik dari 88,77 pada tahun sebelumnya. Gerakan Lamongan Menghafal diharapkan mampu menjadi pendorong dalam menjalankan pemerintahan, menciptakan kebangkitan ekonomi, pembangunan berkelanjutan, dan masyarakat yang harmonis.

Lebih lanjut, Pak Yes menjelaskan bahwa tujuan program ini juga mencakup persiapan generasi emas 2045. Gerakan Lamongan Menghafal diarahkan untuk menciptakan generasi yang memiliki kualitas Qurani dan mampu memberikan kontribusi positif pada peningkatan kualitas sumber daya manusia. Capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang terus meningkat menjadi bukti konkrit dari kontribusi positif generasi tersebut.

Dilaporkan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Lamongan, Nalikan, wisuda Tahfidz 2024 melibatkan 88 lembaga sekolah dari tingkat SD/MI hingga SMP/MTS di wilayah Kabupaten Lamongan. Keseluruhan peserta wisuda dinyatakan lulus setelah berhasil menuntaskan ujian bertahap sejak Januari 2023. Jenis hafalan mencakup berbagai bagian Al-Qur’an, mulai dari juz 30 hingga surat-surat favorit seperti Surat Yaasin, Al Mulk, Ar-Rahman, dan Al-Waqiah.