BIMTEK PENINGKATAN KOMPETENSI LITERASI GURU SD: MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDIDIK GENERASI MELALUI LITERASI MULTIMODAL

Sebanyak 135 guru kelas 5 Sekolah Dasar (SD) dari berbagai satuan pendidikan di Kabupaten Lamongan turut serta dalam kegiatan Bimtek (Bimbingan Teknis) Peningkatan Kompetensi Literasi. Acara yang berlangsung dari tanggal 23 hingga 26 November 2023 ini dihelat di KPRI Budi Luhur dengan tujuan meningkatkan kemampuan para guru dalam aspek literasi.

Bimtek ini diinisiasi untuk mendukung guru-guru yang berada di satuan pendidikan dengan tingkat literasi rendah dan sedang. Narasumber kegiatan merupakan Fasilitator Daerah yang telah dibekali oleh Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Timur dan Tim PDM 10 Kemendikbudristek.

Peserta yang hadir mendapat kesempatan untuk memperoleh wawasan mendalam dari fasilitator daerah yang telah terlatih khusus dalam hal literasi. Mereka membahas beragam aspek terkait literasi di tingkat SD, mulai dari pemahaman kerangka literasi hingga strategi penerapan pembelajaran yang berbasis multimodal.

Menurut pernyataan dari salah satu fasilitator, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan perspektif yang lebih luas kepada guru-guru kelas 5 SD tentang pentingnya literasi dalam pembelajaran. Literasi tidak hanya sebatas membaca dan menulis, tetapi juga melibatkan pemahaman konten secara menyeluruh, termasuk literasi digital, visual, dan berbagai bentuk media lainnya.

Bimtek ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan. Dalam sambutannya, Ir. Munif Syarif, MM. menggarisbawahi pentingnya keberlanjutan informasi setelah kegiatan ini berakhir. “Literasi bukanlah hanya tanggung jawab individu, tetapi menjadi tanggung jawab bersama bagi seluruh guru untuk terus mengembangkan kemampuan literasi dalam proses pembelajaran,” ujarnya.

Peserta bimbingan teknis ini sangat antusias dan berharap dapat menerapkan konsep-konsep yang mereka pelajari selama kegiatan tersebut ke dalam lingkungan belajar mereka di sekolah masing-masing. Mereka menganggap bahwa upaya meningkatkan literasi bukanlah tugas mudah, namun sangat penting untuk membentuk generasi yang mampu berpikir kritis dan adaptif di era digital ini.

Dengan demikian, kegiatan Bimtek Peningkatan Kompetensi Literasi Guru SD di Kabupaten Lamongan menjadi tonggak penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, membangun landasan yang kokoh bagi pembelajaran yang inklusif, dan menciptakan generasi yang cerdas dan terampil dalam memahami serta mengolah informasi dari berbagai sumber dengan lebih baik.