BIMTEK LOMBA KARYA INOVASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI JENJANG SD, LANGKAH NYATA KAWAL KURIKULUM MERDEKA

Pada tanggal 9 November 2023, KPRI Budi Luhur Lamongan menjadi saksi dari kegiatan yang menginspirasi: Bimbingan Teknis (Bimtek) Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk jenjang SD. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai langkah awal dalam mengawal persiapan lomba, dengan tujuan menciptakan pemahaman yang seragam tentang pembelajaran berdiferensiasi. Para peserta Bimtek diharapkan untuk mengevaluasi dan merevisi inovasi yang telah mereka rancang dalam kurun waktu satu bulan sebelumnya.

Sebanyak 103 peserta hadir dengan semangat dan antusiasme dari perwakilan gugus se-Kabupaten Lamongan. Mereka berasal dari berbagai SD di wilayah tersebut, siap memperluas wawasan mereka terkait pembelajaran berdiferensiasi dan cara efektif untuk melaporkan inovasi yang telah mereka ciptakan.

Narasumber utama pada acara ini adalah Dr. Abdul Ghofur, M.Pd. dari UNIPA yang memberikan wawasan mendalam mengenai pembelajaran berdiferensiasi. Sementara itu, Syuhada’, S.Pd.I, hadir untuk menjelaskan tentang teknik pelaporan Inovasi yang tepat dan lengkap, khususnya dalam konteks Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Berdiferensiasi.

Kasi Kurikulum SD, Nur Kholis Huda, S.Pd.SD., M.Pd., menyampaikan harapannya terkait acara ini. Beliau berharap melalui lomba karya inovasi pembelajaran berdiferensiasi ini, talenta-talenta potensial dari Kabupaten Lamongan dapat muncul dan siap bersaing dalam kompetisi tingkat nasional. Lebih lanjut, Nur Kholis Huda berpendapat bahwa Bimtek ini tidak hanya tentang melepaskan peserta, melainkan memberikan bekal yang diperlukan agar peserta mampu menghasilkan inovasi yang tepat.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap munculnya inovasi-inovasi yang tidak hanya kreatif tetapi juga berdampak positif dalam proses pembelajaran di sekolah-sekolah kami,” ujar Nur Kholis Huda.

Kegiatan ini bukan hanya sekadar bimbingan teknis biasa, melainkan menjadi wadah untuk menemukan dan mendukung bakat-bakat tersembunyi di bidang inovasi pembelajaran. Inovasi-inovasi yang muncul dari Bimtek ini diharapkan dapat meramaikan kompetisi tingkat nasional, membawa perubahan positif, dan meningkatkan kualitas pembelajaran di Kabupaten Lamongan.

Selain menjadi ajang bagi peserta untuk belajar lebih dalam mengenai pembelajaran berdiferensiasi, kegiatan ini juga menjadi momentum untuk mendukung terciptanya suasana kompetitif yang sehat, di mana inovasi dan kreativitas menjadi pendorong utama perubahan dalam dunia pendidikan.

Melalui kolaborasi antara narasumber berpengalaman dan peserta yang bersemangat, Bimtek Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Kabupaten Lamongan menjadi tonggak awal bagi terciptanya pendidikan yang lebih inklusif, inovatif, dan berkualitas di tingkat lokal yang nantinya bisa bersaing secara nasional.