PEMBEKALAN PROKTOR SEKOLAH JENJANG SD MENYAMBUT ANBK 2023

KABUPATEN LAMONGAN – Sebanyak 632 proktor sekolah jenjang SD dari seluruh kecamatan wilayah Kabupaten Lamongan mengikuti pelatihan intensif guna mempersiapkan pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2023. Pelatihan yang berlangsung dari tanggal 3 hingga 5 Oktober 2023 di Gedung Budi Luhur ini bertujuan untuk memastikan bahwa para proktor memiliki pemahaman mendalam terhadap prosedur dan tata cara pelaksanaan ANBK. Dengan persiapan yang matang, diharapkan pelaksanaan ANBK dapat berjalan lancar dan menghasilkan evaluasi yang akurat terkait kemampuan siswa.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan menekankan pentingnya peran proktor dalam menjamin keadilan dan keakuratan dalam pelaksanaan ANBK. “Proktor memiliki peran sentral dalam memastikan setiap tahap ujian berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Kualitas pelaksanaan ANBK sangat bergantung pada kesungguhan dan ketelitian proktor dalam memfasilitasi asesmen,” ujarnya.

Selain itu, Kepala Dinas Pendidikan juga mengingatkan kepada Kepala Sekolah dan Guru untuk berpartisipasi aktif dalam Survey Lingkungan Belajar (Sulingjar) yang akan berlangsung pada tanggal 9 hingga 22 Oktober 2023. Kehadiran dan keterlibatan penuh dari seluruh komponen sekolah diharapkan dapat memastikan kelancaran sulingjar ANBK.

ANBK merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengukur kemampuan dan keterampilan siswa secara akurat, obyektif, dan transparan. Melalui penerapan teknologi dalam proses evaluasi, diharapkan hasil ANBK dapat menjadi acuan penting dalam mengembangkan program pembelajaran yang lebih efektif.

Dengan semangat kebersamaan dan kesungguhan, Kabupaten Lamongan siap menyambut pelaksanaan ANBK tahun 2023. Pemerintah daerah dan seluruh komponen pendidikan berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh guna menjamin keberhasilan pelaksanaan ANBK serta meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah Kabupaten Lamongan.