MONEV LITERASI LEVEL 1 DAN LEVEL 2 JENJANG SD DI KABUPATEN LAMONGAN: UPAYA PENINGKATAN PENDIDIKAN BBPMP JATIM

Kabupaten Lamongan, 1 September 2023 – Tim Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Timur telah melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Literasi Level 1 dan Level 2 di sekolah dasar (SD) pada tanggal 31 Agustus 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk memantau perkembangan literasi di tingkat dasar serta memberikan solusi dan masukan yang akan membantu Kemendikbudristek dalam upaya perbaikan mutu pendidikan di Kabupaten Lamongan.

Monev Literasi Level 1 dan Level 2 ini difokuskan pada 6 SD yang teridentifikasi memiliki hasil rapor pendidikan dengan aspek literasi rendah. Dalam upaya meningkatkan literasi di tingkat dasar, tim BBPMP Provinsi Jawa Timur menjalankan serangkaian kegiatan yang mencakup pengamatan, wawancara, dan analisis data untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang kendala dan permasalahan yang dihadapi oleh sekolah-sekolah ini.

Salah satu anggota tim BBPMP Provinsi Jawa Timur, Ibu Herry Setyaningsih, menyatakan, “Monev ini sangat penting untuk memahami permasalahan sebenarnya yang dihadapi oleh sekolah-sekolah dasar dalam meningkatkan literasi. Dengan pemahaman ini, kami berharap dapat memberikan solusi yang konkret dan berkelanjutan.”

Hasil Monev Literasi Level 1 dan Level 2 ini akan digunakan untuk merumuskan rekomendasi dan rencana perbaikan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing sekolah. Upaya-upaya perbaikan ini dapat mencakup pelatihan tambahan untuk guru, penyediaan sumber daya pembelajaran yang lebih baik, dan pengembangan program literasi yang lebih efektif.

Sekolah-sekolah yang menjadi sasaran Monev ini juga didukung untuk berkolaborasi dengan komunitas lokal dan orang tua siswa guna menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan mendukung perkembangan literasi anak-anak.

Monev Literasi Level 1 dan Level 2 di Kabupaten Lamongan ini sejalan dengan visi Kemendikbudristek untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, khususnya di tingkat dasar. Semoga upaya ini akan membawa perubahan positif dalam literasi anak-anak dan memberikan fondasi yang kuat untuk masa depan mereka.