LOMBA OLAHRAGA TRADISIONAL DALAM RANGKA PERINGATAN HAN TAHUN 2022

Rabu, 3 Agustus 2022. Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan bekerjasama dengan Dinas PPPA menyelenggarakan lomba olahraga tradisional dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional tahun 2022. Lebih dari 500 siswa jenjang SD, SMP, dan ditambah dari SLB mengikuti serangkaian kegiatan perlombaan.

Perlombaan yang dipilih berdasar karakteristik pertumbuhan usia dan keamanan dalam pelaksanaan. Jenjang SD terdiri dari 3 lomba yaitu: balap kelereng, pindah bola, dan simpai berpindah. Jenjang SMP terdiri dari 3 lomba yaitu: tarik tambang, balap karung, dan balap terompah. Khusus SLB lomba terdiri dari 2 yaitu: lempar sasaran dan balap kelereng.

Peringatan HAN merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Pelaksanaan HAN tahun 2022 di Lamongan, menyesuaikan kondisi pasca pandemi, dimana terjadi perubahan dalam pola kehidupan anak sehingga mengalami berbagai persoalan antara lain penyesuaian kembali anak dalam kehidupan bermasyarakat, belajar, dan pemanfaatan waktu luang dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan.

Kegiatan lomba olah raga tradisional ini, merupakan wujud kepedulian Kabupaten Lamongan untuk memberi motivasi bahwa pasca pandemi tidak menyurutkan komitmen dan mendorong langsung berbagai pihak untuk memberikan kepedulian langsung di tengah-tengah masyarakat untuk memastikan anak-anak Indonesia tetap tangguh menghadapi berbagai tantangan.

Dalam sambutan pembukaan, Sekretaris Daerah Kabupaten Lamongan menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak atas segala dukungan, kerja sama, dan partisipasinya dalam menyukseskan penyelenggaraan peringatah HAN Tahun 2022, termasuk lomba olahraga tradisional.