PELEPASAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 4 OLEH BUPATI LAMONGAN

Program Kampus Mengajar adalah bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan memperkaya kompetensi mahasiswa dengan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar kelas dengan memberikan asistensi kepada guru dan tenaga kependidikan di tingkat pendidikan dasar. Sama seperti angkatan sebelumnya, program Kampus Mengajar Angkatan 4 juga membuka kesempatan partisipasi bagi mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi vokasi, di samping mahasiswa dari perguruan tinggi akademik.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) secara resmi mengumumkan hasil peserta lolos Program Kampus Mengajar Angkatan 4 pada tanggal 5 Juli 2022. Selanjutnya Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan melakukan koordinasi dengan perwakilan DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) serta sekolah untuk pembekalan. Para peserta akan mengikuti penugasan selama empat bulan, yaitu pada tanggal 1 Agustus – 2 Desember 2022, dan acara penarikan akan digelar 5 Desember 2022.

Pada hari ini, Senin, 1 Agustus 2022, Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan melaksanakan kegiatan pelepasan mahasiswa. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten dalam mensukseskan kelancaran Program Kampus Mengajar khususnya di Kabupaten Lamongan. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati Lamongan sekaligus melepas para mahasiswa menuju masing-masing sekolah sasaran yang ada di Kabupaten Lamongan.

Dalam sambutannya, Bupati Lamongan menyampaikan bahwa Program Kampus Mengajar dapat menjadi wadah yang baik untuk mengasah keterampilan nonteknis (soft skills), kepemimpinan, serta karakter mahasiswa vokasi. Selama masa penugasan mahasiswa akan banyak menghadapi tantangan riil, serta ketidakpastian yang akan melatih jiwa kepemimpinan, kreativitas, inovasi, penyelesaian masalah, komunikasi, dan manajemen tim.

Sebelumnya dalam penyampaian laporan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, Ir. Munif Syarif, menyampaikan bahwa dalam program ini, mahasiswa akan diterjunkan ke sekolah selama satu semester, dan kemudian akan dilakukan rekognisi atau pengakuan hasil belajar sebesar 20 satuan kredit semester (SKS). Kepala Dinas Pendidikan juga merincikan bahwa Program Kampus Mengajar Angkatan 4 di Kabupaten Lamongan sebanyak 113 mahasiswa terdiri dari 29 mahasiswa di 5 SD dan 84 mahasiswa di 16 SMP sasaran yang tersebar di seluruh kecamatan.