SIAP SUKSESKAN KURIKULUM MERDEKA, PENGAWAS TK SD SE-KABUPATEN LAMONGAN MENGIKUTI DIKLAT

Seluruh pengawas TK dan SD di Kabupaten Lamongan semakin memantapkan diri untuk sukseskan Implementasi Kurikulum Merdeka. Tekad kuat para pengawas untuk sukses IKM terbukti dengan melaksanakan Diklat Implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, Kamis dan Jumat, 21 dan 22 Juli 2022 di Hotel Mustika Tuban.

Ketua Panitia, Jaelani, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini sebagai bekal agar seluruh pengawas, baik TK atau SD, lebih mantap dalam mengawal seluruh satuan pendidikan binaan. Pengawas sudah yakin dengan apa yang akan dilakukan di lapangan terkait kurikulum merdeka, khususnya asesmen diagnostik sebagai pemetaan awal peserta didik.

Dalam sesi pembukaan, Kepala Dinas Pendidikan, Ir. Munif Syarif berpesan bahwa Dinas Pendidikan telah melakukan beberapa persiapan untuk pelaksanaan kurikulum merdeka serta menjalin komunikasi yang baik dengan kemendikbudristek dan BBPMP Jawa Timur. Hal ini perlu disambut peran dan langkah penting para pengawas.

Pengawas diminta mengaktifkan kembali diskusi komunitas belajar guru di wilayah binaan untuk menyamakan persepsi terkait IKM, diskusi tentang kendala IKM beserta pemecahan solusi, penggunaan akun pembelajaran dan pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar.

Pengawas sekolah sebagai pembina, pendamping dan pembimbing pelaksanaan kurikulum, diharapkan mampu menjalankan tugasnya dengan baik dengan bekal yang sudah disiapkan.