MISI PERDAMAIAN DUNIA ALA SISWA LAMONGAN-AKIFUCHU-BALIUAG

Proyek siswa dari tiga negara yang terlibat dalam kemitraan siswa internasional, yaitu Akifuchu High School (Hiroshima,Jepang), SMPN Lamongan (Indonesia) dan Imaculate Conception School of Baliuag (Filipina) mengambil tema World Peace Project.

Tema ini sangat relevan dengan adanya perang antara Rusia vs Ukraina saat ini dan adanya ancaman terjadinya perang nuklir kalau perang itu meluas menjadi perang dunia.

Pada hari Senin (11 Juli 2022), siswa SMA Akifuchu menyampaikan pesan perdamaian dunia melalui cerita bergambar tentang Sadako Sasaki. Mereka bercerita tentang perjuangan seorang gadis cilik yang menderita leukemia dan meninggal akibat radiasi bom atom yang jatuh di Hiroshima tahun 1945. Pemerintah Jepang sampai membuat patung Sadako Sasaki di Museum Perdamaian Hiroshima sebagai peringatan betapa bahayanya bom nuklir, terutama bagi anak-anak.

Kegiatan yang dilaksanakan melalui zoom pada pukul 08:00 WIB atau pukul 10:00 waktu Jepang dimulai tepat waktu. Setelah dibuka oleh moderator dari native speaker yang mengajar di Akifuchu HS, Wakil Bupati Lamongan memberi sambutan pembukaan dalam bahasa Inggris. Pak Wabup menyampaikan apresiasi atas kegiatan siswa yang menyampaikan pesan perdamaian dan melibatkan siswa Lamongan. Setelah itu, sambutan perwakilan dari siswa SMA ICSB Filipina.

Berbeda dengan dua kegiatan internasional sebelumnya, kali ini 48 SMP Negeri Lamongan mengikuti projek kolaboratif siswa ini. Bagi siswa Lamongan, kegiatan ini untuk membangun karakter BERKEBINEKAAN GLOBAL dalam Profil Pelajar Pancasila yang diluncurkan dalam Kurikulum Merdeka. Selain itu, siswa Lamongan jadi paham betapa penting perdamaian dunia melalui cerita Sadako’s Picture-Story Show.

Kegiatan ini diliput oleh beberapa media TV nasional Jepang, media cetak internasional Hongkong, dan media online Nasional di Lamongan.

Terima kasih pada Kato Ken’ichi, Dennis Mendoza , Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, seluruh siswa, guru, dan kepala sekolah dari 48 SMPN Lamongan yang berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. Tunggu kegiatan selanjutnya di bulan September 2022.