KEPALA SD SE-KABUPATEN LAMONGAN BERSEMANGAT MENYUSUN KOSP DAN P5 MENYAMBUT KURIKULUM MERDEKA

Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan secara terus menerus memberi penguatan tentang kurikulum merdeka, baik kepada guru, kepala sekolah, ataupun pengawas sekolah. Salah satunya, kegiatan yang mulai dilaksanakan pada hari ini, Senin, 27 Juni 2022. Sebanyak 604 Kepala Sekolah jenjang SD mengikuti Workshop Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) dan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di ruang Widyaloka dan Widyakarya Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan. Workshop ini dilaksanakan selama enam hari, yang dijadwalkan berakhir pada tanggal 2 Juli 2022.

Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan dengan Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Timur yang didukung penuh oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah SD Kabupaten Lamongan dengan menghadirkan narasumber-narasumber yang berkompeten dari unsur Widyaprada BBPMP Jawa Timur. Kehadiran para narasumber profesional diharapkan dapat mengawal ketersampaian pemahaman tentang KOSP dan P5 dengan tepat sehingga kurikulum yang akan diterapkan di seluruh satuan pendidikan jenjang SD sesuai dengan yang diharapkan Kemendikbudristek.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, Ir. Munif Syarif, MM. memberi sambutan sekaligus membuka acara. Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan memberikan motivasi sekaligus mengingatkan akan pentingnya peran kepala sekolah. Menyongsong kurikulum merdeka, kepala sekolah harus bersemangat, jika sudah memiliki semangat perubahan, apapun akan mudah diterima dan diterapkan.

KOSP merupakan bagian sangat penting sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan di satuan pendidikan. Struktur Kurikulum yang ditetapkan oleh Pemerintah menjadi acuan satuan pendidikan untuk mengembangkan kurikulum menuju tercapainya profil pelajar Pancasila dapat ditambahkan dengan kekhasan satuan pendidikan sesuai dengan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan. Struktur kurikulum ini berisi kegiatan intrakurikuler dan projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Kepala Dinas Pendidikan juga mengingatkan, kepala sekolah harus paham tentang prinsip penyusunan KOSP, yaitu: Berpusat pada peserta didik, Kontekstual, Esensial, Akuntabel, serta Melibatkan berbagai pemangku kepentingan.